Tips Merawat Kulkas jika akan ditinggal bepergian. - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Standart Tekanan Freon AC

Postingan ini diterbitkan dikarenakan banyaknya kata kunci pencarian mengenai : Standar Tekanan Freon AC Dimana kemungkinan pencarian ters...

Standart Tekanan Freon AC
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Sabtu, 10 November 2018by : Handy Teknik

Post saat ini.

Tips Merawat Kulkas jika akan ditinggal bepergian.

Jika Anda akan bepergian meninggalkan rumah lebih dari 1 atau 2 hari, berikut ini langkah-langkah yang kami sarankan untuk mengamankan kulkas dari hal-hal yang tidak diinginkan.

TIPS MERAWAT KULKAS
TIPS MERAWAT KULKAS

1. Bersihkan kulkas beserta ruangan sekitar kulkas atau ruangan dimana tempat kulkas berada terutama dari sisa bahan ataupun makanan sisa / sampah dll yang dapat mengundang hewan / binatang misal semut dan tikus yang umumnya banyak ditemui didalam rumah. Semprotkan insektisida jika perlu.
Kedua binatang ini seringkali ditemukan menjadi penyebab kerusakan berbagai jenis perangkat elektronik termasuk kulkas dan AC.
Semut biasanya membuat sarang ditempat yang tidak seharusnya dan bisa mengakibatkan hubungan arus pendek pada jalur komponen tertentu. Begitu juga dengan tikus yang sudah banyak diketahui gigitannya yang juga dapat mengakibatkan kerusakan karena merusak isolator listrik penyebab hubungan arus pendek yang merusakkan perangkat elektronik.

Untuk membersihkan kulkas, utamakan pada bagian belakang kulkas tempat kompresor dan beberapa komponennya yang juga terdapat kabel penghubung arus listrik. Pada saat membersihkan, matikan kulkas agar proses pembersihan akan lebih maksimal dan aman.
Bagian belakang kulkas

2. Jika memungkinkan, minimalkan stok bahan makanan menjelang bepergian karena keamanan tempat tinggal akan lebih maksimal apabila perangkat elektronik bisa dimatikan. Hal ini untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek yang bisa saja terjadi diluar dugaan. Seperti kita ketahui, sudah banyak berita mengenai kejadian kebakaran yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek. Sehingga dengan tips yang kami berikan ini, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah terbaik untuk keamanan tempat tinggal dan perangkat elektronik yang ada didalamnya.
KEBAKARAN AKIBAT ARUS LISTRIK

3. Apabila Anda berniat untuk mematikan kulkas dalam waktu lama, disarankan agar isi dalam kulkas dikosongkan atau setidaknya minimalkan bahan makanan yang tidak awet ataupun yang bisa menimbulkan bau tak sedap misal daging / ikan, buah-buahan dll. Karena kulkas dirancang untuk kedap udara sehingga jika dalam keadaan tertutup, bau yang ada didalam kulkas tidak akan tercium namun pada saat dibuka, bau baru akan tercium.

4. Perhatikan karet seal yang merekat dipintu kulkas.
Karet Pintu Kulkas
Karet Pintu Kulkas

Pastikan karet pintu kulkas tidak terdapat kerusakan atau celah yang membuat pintu tidak tertutup rapat. Perhatikan terutama dibagian yang jarang terlihat yaitu dibagian pintu bawah. Karet pintu ini juga berfungsi untuk menutup akses masuk binatang kecil seperti lalat atau semut untuk masuk ke dalam kulkas.
Karet pintu yang rusak atau kendor dan memberikan celah masuk juga menyebabkan pendinginan dalam kulkas tidak maksimal apabila kulkas sedang digunakan. Karena udara dingin yang seharusnya terkumpul akan keluar melalui celah karet yang kendor / rusak.
Karet Pintu Kulkas
Karet pintu yang bercelah

Jika karet pintu masih baik dan dapat pintu dapat tertutup rapat, ada baiknya jika dibersihkan. Karena kotoran pada karet tersebut juga bisa mengurangi daya rekat saat pintu ditutup menjadi tidak rapat atau bercelah.

Kesimpulan dari uraian tips diatas :

  • Pembersihan kulkas beserta ruangan tempat kulkas.
  • Pengurangan stok bahan makanan atau akan lebih aman jika mungkin bisa isi kulkas dikosongkan.
  • Mematikan kulkas beserta perangkat elektronik lainnya.


Demikian tips dari kami semoga bermanfaat - Salam Dingin.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !