Tips - Cara Memasang Indoor AC Split - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Standart Tekanan Freon AC

Postingan ini diterbitkan dikarenakan banyaknya kata kunci pencarian mengenai : Standar Tekanan Freon AC Dimana kemungkinan pencarian ters...

Standart Tekanan Freon AC
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Senin, 05 November 2018by : Handy Teknik

Tips - Cara Memasang Indoor AC Split

Pasang Indoor AC split.

CARA PASANG INDOOR AC SPLIT
Posting kali ini akan berfokus pada pemasangan unit indoor AC tipe Split wall mounted.
Dalam pemasangan unit indoor yang diutamakan adalah keseimbangan. Karena keseimbangan menentukan kerapian posisi kedudukan unit terhadap ruangan.
Selain itu, keseimbangan posisi unit indoor juga mempengaruhi kelancaran pembuangan air AC. Jadi pada saat pemasangan, hal yang menjadi penentu adalah keseimbangan plat braket indoor dan ketepatan posisi lubang pembuangan. Sehingga pada saat unit dipasang, pipa keluar (pipa instalasi beserta selang pambuangan) tidak mengganjal lubang dan hal inilah yang membuat posisi unit menjadi tidak seimbang atau miring.

UKUR POSISI PLAT BRACKET SEBELUM DIPASANG

Langkah-langkah pemasangan Unit Indoor.

A. Sebelum plat braket dilepaskan (lihat gambar atas) perhatikan posisi batas-batas tepian plat braket terhadap batas tepian pipa instalasi. Pada gambar diatas, yang bergaris biru vertikal adalah batas tepian pipa instalasi.  Garis kuning mendatar menunjukkan jarak penampang (lebar) ruang pipa instalasi, ukur lebarnya dan catat.

B. Ukur juga tepian batas tepi pipa instalasi terhadap batas tepi plat braket indoor. Lihat gambar dibawah ini yang ditunjukkan dengan panah merah dilingkari hijau.
Tepian batas antara  pipa instalasi dengan batas plat braket indoor ini adalah penentu garis batas lubang yang akan dibuat. Pastikan ukurannya sesuai dan tepat karena ukuran ini nanti akan membatasi tepian pembuatan lubang pada dinding.
JARAK TEPI PLAT BRACKET INDOOR + TEPI JALUR PIPA
C. Lepaskan plat braket indoor, letakkan pada posisi dimana akan dipasang.
Pastikan keseimbangannya sempurna / rata lalu tempelkan dengan paku dinding namun lebih disarankan menggunakan fischer plastik ukuran s6 dan dikuatkan dengan beberapa sekrup agar tidak merusak plat braket indoor, memerlukan bor mata kecil untuk membuat lubang fischer.
MENENTUKAN POSISI LUBANG PIPA
D. Setelah tertempel kuat, perhatikan pada penanda nomor 2 (gambar atas) yang menunjukkan jarak lebar penampang ruang pipa instalasi.  Buat garis bantu pada dinding untuk menandai lebar penampang ruang pipa instalasi berdasarkan pengukuran yang dijelaskan pada poin B, yaitu jarak batas tepi pipa instalasi terhadap batas tepi plat braket indoor dan pastikan ukurannya sudah akurat seperti pada saat diukur sebelumnya.
Jadi tarik garis bantu kesamping kanan dari tepian plat braket.

Jika sudah, lanjutkan membuat garis batas tepi pipa instalasi yang tadi sudah diukur tadi. Buatlah garis bantu pada dinding dan pastikan bahwa garis ini juga membatasi jarak penampang pipa. Lihat pada gambar diatas ditunjukkan dengan nomor 3.

E. Buat lagi garis bantu batas bawah, menggunakan acuan tepian bagian bawah plat indoor. Batas bawah ini harus tepat diluar batas tepi plat braket, jangan lebih. Karena jika lebih, bisa dipastikan setelah dipasang, lubang akan terlihat menganga, dan hal ini sangat dihindari.
Garis batas bawah ditunjukkan dengan nomor 4. Pertemukan garis batas tepi pipa dengan garis batas bawah. Dan akan didapatkan sudut dimana letak lubang akan dibuat. Letak lubang ditunjukkan dengan nomor 5 pada gambar diatas.

F. Jika garis temu sudah terlihat jelas dan sesuai dengan pengukuran awal, buatlah lubang dinding dengan bor tembok. Pastikan lebar lubang TIDAK melanggar garis batas yang sudah dibuat agar nantinya lubang benar-benar tertutup oleh unit indoor pada saat dipasang.

Demikian tips - Cara memasang Indoor AC Split.

Catatan :
Apabila bahasa yang disampaikan masih sulit dipahami, silahkan perhatikan dan pelajari gambar yang disediakan agar dapat memahami dengan kesimpulan sendiri.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !