Kondensasi pipa instalasi didalam ruangan - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Pemasangan Kabel Mesin Cuci

Postingan ini dibuat untuk melengkapi artikel yang banyak dicari di blog Handy Teknik. Karena ditemukan beberapa kali pencarian dengan kata ...

Pemasangan Kabel Mesin Cuci
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Kamis, 30 Agustus 2018by : Handy Eko Cahyono

Kondensasi pipa instalasi didalam ruangan

KONDENSASI PIPA AC
KONDENSASI

Pada kondisi tertentu pada pemasangan AC split terkadang teknisi tidak punya pilihan untuk menyambung pipa instalasi dari unit indoor ke unit outdoor kecuali memasangnya dengan posisi pipa melintang didalam ruangan. Hal ini biasanya dikarenakan lokasi bangunan yang tidak memungkinkan atau dinding ruangan bersebelahan dengan ruangan lainnya.
Hasilnya, seperti yang tampak pada gambar dibawah ini, tampilan pipa tampak melintang pada dinding dalam ruangan.

Air AC menetes didalam ruangan
ilustrasi

Masalah yang sering terjadi adalah adanya tetesan air di dalam ruangan akibat dari pengembunan hasil dari kondensasi pada pipa instalasi.
Pada kasus seperti ini perlu diperhatikan bahwa permasalahannya bukan karena peristiwa kondensasi yang terjadi pada pipa instalasi AC melainkan efek dari tetesan air yang dihasilkan dari kondensasi tersebut menetes didalam ruangan yang menimbulkan ketidaknyamanan penggunanya.

Kondensasi / pengembunan merupakan peristiwa alami yang memang selalu terjadi pada proses pendinginan. Jadi terutama untuk para rekan-rekan teknisi pemula agar dipahami bahwa tetesan air akibat kondensasi bukanlah sebuah masalah namun merupakan bagian dari proses pendinginan itu sendiri. Dan yang menjadi PR adalah bagaimana cara menanggulangi efek dari tetesan air tersebut yang membuat ketidaknyamanan pengguna didalam ruangan karena membasahi lantai atau benda yang berada dibawahnya.

Cara mengatasi tetesan air didalam ruangan

Untuk mengatasinya, musyawarahkan langsung dengan pengguna AC untuk menentukan solusi terbaiknya. Pengguna AC punya hak penuh untuk menentukan solusi apa yang ingin digunakan meskipun mungkin saja berseberangan dengan pendapat teknisi.

Solusi yang dapat diambil :
  1. Balut pipa dengan duct tape tapi jangan terlalu press. Balutan press sama halnya memeras insulasi pipa karena tidak memberikan ruang untuk air mengalir dan menghilangkan ruang resapan dalam insulasi.
  2. Mengganti / menggunakan insulasi Armaflex yang biasanya berwarna hitam. Namun tentunya pengguna harus merogoh kocek tambahan untuk solusi ini.
  3. Memasukkan pipa intalasi kedalam pipa paralon agar tetesan air dapat langsung diarahkan kepembuangan. 

Tips untuk menentukan solusi terbaik :
  • Berikan penjelasan sebab akibat permasalahannya.
  • Berikan beberapa solusi yang ada agar pengguna AC punya bahan pertimbangan.
  • Jangan lupa untuk memberikan informasi kekurangan / kelebihan setiap solusi yang dipertimbangkan.
Cara musyawarah akan lebih adil dalam mengambil keputusan karena setiap pengguna AC memiliki pendapat yang berbeda. Selalu gunakan cara ini disemua pekerjaan apabila menemukan kendala pemasangan karena tugas teknisi adalah memberikan pelayanan kepada pelanggan / pengguna AC. Sehingga sangat dianjurkan untuk lebih menitikberatkan keputusan yang ditentukan oleh pengguna.

Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !