Timer Kulkas - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Standart Tekanan Freon AC

Postingan ini diterbitkan dikarenakan banyaknya kata kunci pencarian mengenai : Standar Tekanan Freon AC Dimana kemungkinan pencarian ters...

Standart Tekanan Freon AC
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Rabu, 20 April 2016by : Handy Eko Cahyono

Timer kulkas

CARA MEMERIKSA TIMER KULKAS
TIMER KULKAS

Seperti pada gambar diatas biasa terdapat pada kulkas 2 pintu karena pada kulkas 2 pintu diterapkan sistem NO FROST atau lebih tepatnya DEFROST otomatis. Berbeda dengan kulkas 1 pintu yang tidak dirancang tanpa sistem No Frost melainkan dengan sistem defrost manual sehingga pada kulkas 1 pintu selalu terdapat penggumpalan bunga es pada bagian evaporator / freezernya sedangkan pada kulkas 2 pintu tidak terdapat penggumpalan bunga es pada bagian freesernya.

Komponen lain pada kulkas 2 pintu :

  • Defrost thermo (Bimetal)
  • Plate heater (Pemanas)
  • Thermofuse

Pada dasarnya sistem pendinginan pada kedua jenis kulkas ini sebenarnya sama persis. Pembeda utamanya hanyalah sistem NO FROST itu sendiri.


Fungsi Timer

Timer berfungsi untuk mengatur / membatasi lamannya waktu pendinginan agar tidak terjadi penggumpalan es berlebihan dengan cara memutuskan arus listrik ke kompresor setiap (sekitar) 6 jam sekali dan menyambungkan / mengalihkan arus listrik ke komponen defrost heater dan plate heater (pemanas) untuk mencairkan bunga es di evaporator. Dengan kata lain , timer melakukan defrost (pencairan bunga es) secara otomatis setiap 6 jam sekali. Untuk lebih jelas, lihat skema dibawah ini.

Wiring diagram kulkas 2 pintu
Skema 1

Keterangan :
Pada skema diatas kolom berwarna merah menunjukkan bahwa kontak timer berada pada posisi 3 - 4 yang mana posisi ini menunjukkan arus listrik terhubung ke kompresor.
Artinya, proses pendinginan sedang berlangsung karena kompresor mendapatkan arus listrik dari kontak timer.

Wiring diagram kulkas 2 pintu
skema 2

Keterangan :
Pada skema 2 diatas, lihat garis merah menunjukkan kontak timer berada pada posisi 3-2. Posisi ini kontak timer mengalihkan arus listrik menuju Defrost Thermo, Plate Heater serta Defrost Heater dan memutuskan arus yang menuju kompresor.
Artinya pada posisi tersebut, proses pencairan sedang terjadi. Karena pencairan dilakukan oleh pemanas / heater maka suhu disekitar evaporator akan meningkat sehingga bunga es di evaporator mencair.

Lamanya proses pencairan ini ditentukan oleh defrost thermo. Pada saat defrost thermo "merasakan" suhu telah mencapai batas yang ditentukan maka defrost thermo akan memutuskan arus ke komponen pemanas dan mengaktifkan timer kembali sehingga proses pendinginan akan terjadi lagi. Proses ini akan terus terjadi terus menerus berulang- ulang selama tidak terdapat kerusakan komponen dan supply arus listrik tidak terputus karena listrik padam / kabel power dicabut.


Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !