Mendeteksi Freon AC tanpa Alat - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Standart Tekanan Freon AC

Postingan ini diterbitkan dikarenakan banyaknya kata kunci pencarian mengenai : Standar Tekanan Freon AC Dimana kemungkinan pencarian ters...

Standart Tekanan Freon AC
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Selasa, 06 November 2018by : Handy Teknik

Post saat ini.

Mendeteksi Freon AC tanpa Alat

Informasi ini kami tujukan secara khusus bagi para pengguna AC dimana kebanyakan pengguna tidak memiliki peralatan dan bahkan diantaranya kurang mengetahui tentang cara kerja pendinginan pada AC dan juga Freon.
MENDETEKSI AC KURANG FREON
AC TIDAK DINGIN


Memastikan AC tidak kekurangan Freon

Umumnya para pengguna AC akan memanggil teknisi apabila telah timbul gejala-gejala tertentu pada AC, misal : AC tidak dingin atau AC kurang dingin dari biasanya, terdapat kebocoran air pembuangan didalam ruangan ataupun gangguan lainnya.

Bahkan diantara pengguna AC menganggap atau mem-vonis secara langsung bahwa AC yang digunakan menjadi tidak dingin dikarenakan kurang Freon. Kami sarankan untuk menghindari hal tersebut. Mungkin anggapan tersebut memang benar bahwa kurang freon akan mengakibatkan AC menjadi tidak dapat menghasilkan dingin yang maksimal. Hanya saja BELUM bisa dipastikan kebenarannya. Harus diketahui juga bahwa AC bisa dinyatakan kurang freon atau tidak itu baru bisa dipastikan setelah dilakukan pengecekan dan  pengukuran tekanan freon pada AC tersebut. Sekali lagi ditegaskan bahwa :
AC baru bisa dipastikan kurang freon atau tidak, hanya setelah dilakukan pengecekan dan pengukuran tekanan freon terlebih dahulu.
Kenapa ?
Karena penyebab AC menjadi tidak dingin atau kurang dingin bukan hanya dikarenakan kurang Freon saja. Melainkan bisa juga disebabkan oleh hal lain, misal :

  • AC kotor
  • Voltase tidak mencukupi
  • Terjadi hambatan pada saluran freon bisa jadi karena pipa terlipat atau penyumbatan dalam saluran.
  • Kompresor tidak bekerja maksimal karena kapasitor lemah / rusak.
  • Riley bermasalah sehingga tidak dapat mengalirkan arus ke unit outdoor.
  • Fan outdoor berputar lemah atau mati.
  • Dan berbagai penyebab lainnya.

Sehingga jika AC yang Anda gunakan tidak dingin / kurang dingin BELUM TENTU karena kurang Freon, bisa jadi disebabkan hal lain seperti yang diuraikan diatas.
CARA MENGUKUR TEKANAN FREON AC
PENGUKURAN TEKANAN FREON AC
Jika ingin mendeteksi bahwa AC yang Anda gunakan kurang Freon atau tidak, Anda bisa mempraktekkan cara berikut ini meskipun tanpa menggunakan alat bantu.
1. Pastikan AC bekerja normal dan sudah menyala tidak kurang dari 30 menit.
2. Lihat pada unit luar (outdoor), pastikan kipas berputar dan kompresor berbunyi menandakan masih dapat beroperasi.
3. Perhatikan 2 sambungan pipa yang terdapat pada unit outdoor tersebut, ada pipa besar dan pipa kecil.

  • Jika kedua pipa tersebut basah karena pengembunan itu berarti tekanan freon masih mencukupi atau setidaknya belum melampaui batas tekanan terendahnya.
  • Jika terdapat pembekuan pada pipa besar saja dan pipa kecil tidak membeku, maka bisa dimungkinkan sirkulasi pada AC tidak lancar dan mungkin juga disebabkan karena kotor.
  • Jika terdapat pembekuan hanya pada pipa kecil saja maka bisa dipastikan bahwa tekanan freon pada AC tidak mencukupi atau kurang.

AC KURANG FREON
PEMBEKUAN PADA PIPA KECIL DI OUTDOOR
Saran :

  • Jika terdapat pembekuan pada pipa kecil, Anda dapat memastikan bahwa AC Anda kurang freon namun tetap harus melalui pengecekan pada AC dan pengukuran freon untuk memastikannya.
  • Tak hanya jika terjadi pembekuan pada salah satu pipa saja, setiap kali AC menunjukkan gangguan, disarankan untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
  • Dan apabila Anda memanggil teknisi, cukup menyampaikan gejala yang ditimbulkan saja karena gangguan yang sebenarnya hanya akan dapat diketahui dan dipastikan setelah dilakukan pengecekan.
  • Hindari melakukan permintaan isi freon tanpa pengecekan dan pengukuran terlebih dahulu jika Anda kurang memahami cara kerja pendinginan pada AC karena permintaan tersebut dapat digunakan sebagai alasan dan modus oleh oknum-oknum yang berkedok sebagai teknisi yang merugikan Anda.


Catatan :
  • Informasi pada postingan ini menggunakan istilah yang mudah dipahami oleh pengguna AC.
  • Cara yang disampaikan pada postingan ini mungkin kurang akurat akan tetapi tetap berlaku dan dapat meminimalkan postensi terjadinya penipuan dengan modus isi freon yang dilakukan oleh oknum yang berkedok sebagai teknisi AC.
  • Dan perlu di garis bawahi bahwa informasi ini murni bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pengguna AC demi menjaga nama baik teknisi AC tanpa ada unsur yang menjatuhkan pihak-pihak manapun. Karena potensi terjadinya kejahatan / penipuan bisa saja terjadi dalam segala macam profesi / pekerjaan dengan berbagai macam cara.
Semoga bermanfaat - Salam Dingin

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !