Efek yang timbul jika AC kelebihan Freon - HANDY TEKNIK

Wajib Tahu

Pemasangan Kabel Mesin Cuci

Postingan ini dibuat untuk melengkapi artikel yang banyak dicari di blog Handy Teknik. Karena ditemukan beberapa kali pencarian dengan kata ...

Pemasangan Kabel Mesin Cuci
HANDY TEKNIK 2014 -
JAYAPURA WIT.

Published : Senin, 12 November 2018by : Handy Teknik

Efek yang timbul jika AC kelebihan Freon


Setiap AC dengan masing-masing kapasitasnya dari yang terkecil hingga terbesar memiliki batas kemampuan dan juga batas beban yang sudah diperhitungkan dan ditentukan dari pabrikan.

AKIBAT AC KELEBIHAN FREON

Pada pengisian Freon, hal penting yang harus diperhatikan adalah tekanan Freon awal dan konsumsi daya yang terpakai sebelum pengisian ( Daya listrik dalam Ampere).
Jika Anda pengguna AC maka perhatikan teknisi yang melakukan pengecekan, apakah pada saat pengecekan menggunakan alat bantu untuk mengukur tekanan freon serta alat bantu untuk mengukur daya listrik atau tidak.

Alat bantu tersebut adalah :
Manifold untuk melihat tekanan FreonTang Ampere untuk melihat konsumsi daya yang terpakai.

Apabila teknisi tersebut tidak menggunakan salah satu alat bantu diatas maka bisa dipastikan pengukuran yang didapat tidak akan akurat. Dan pengukuran yang tidak akurat ini bisa menimbulkan efek tertentu pada AC Anda.

Kenapa ?
Karena berawal dari prinsip: Semakin tinggi tekanan freon maka semakin meningkat pula konsumsi daya yang terpakai. 
Maka perlu diketahui data dari kedua hal tersebut, yaitu Tekanan Freon (PSIg) dan Konsumsi Daya Listriknya (Ampere).
Karena setiap AC memiliki batasan Ampere dan juga Freon, pada AC biasanya tertulis di nameplate yang tertempel diunit outdoor.

Nameplate AC
Nameplate outdoor
Contoh Nameplate AC

Apabila tekanan freon maupun konsumsi daya berlebih / kurang dari yang sudah ditentukan dari standar pabrik maka akan mempengaruhi kinerja AC.

  • Selain itu jika teknisi hanya menggunakan alat ukur tekanan freon saja maka teknisi tidak dapat mengetahui berapa daya yang dikonsumsi AC pada saat itu
  • Begitu juga jika hanya menggunakan alat ukur daya listrik saja maka teknisi tidak dapat mengetahui berapa tekanan freon pada saat itu.

Kesimpulannya :
Kedua alat tersebut harus digunakan bersamaan untuk mendapatkan data yang akurat dari pengecekan pada AC.

Pengukuran Freon & Ampere

Akibat jika AC kelebihan Freon

Boros Listik

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa semakin tinggi tekanan Freon maka semakin tinggi pula Konsumsi Daya yang digunakan, maka :
Tekanan freon yang berlebihan otomatis mengakibatkan konsumsi daya yang berlebih. Selain itu, otomatis juga akan menambah beban pada kompresor karena Freon memiliki massa / berat.
Seperti yang juga sudah disinggung sebelumnya bahwa ukuran freon pada nameplate dari pabrikan biasanya ditulis dengan satuan berat yaitu gram / Kg yang artinya kapasitas berat Freon yang ada pada AC juga sudah ditentukan.

Kesimpulannya :
semakin tinggi tekanan freon juga dapat menambah berat freon yang membebani kinerja kompresor.
Sederhananya, setiap perangkat apapun jika diberikan beban lebih dari kapasitasnya tentu akan mengalami gangguan atau bahkan kerusakan. Dan itupun berlaku pada kompresor AC.
Jadi secara fisik kompresor akan bekerja extra melebihi kapasitasnya untuk memompa freon dan pada saat itu juga memerlukan tenaga lebih yaitu dengan mengkonsumsi daya listrik sesuai kebutuhannya.

Overheat - Kelebihan panas

  • Kompresor akan menghasilkan panas lebih cepat dan berlebihan.
    (Gejala tersebut juga bisa muncul akibat tertutupnya kondensor oleh debu / kotoran yang menghambat sirkulasi udara pembuangan panas kompresor dan lemahnya putaran fan outdoor karena lambat membuang panas.)
  • Suhu panas ini akan memicu kinerja komponen pelindung kompresor yaitu overload yang jika terlalu panas maka :

Kompresor sering mati

  • Overload akan lebih cepat menerima panas dari biasanya sehingga akan memutuskan arus untuk melindungi kompresor dari kelebihan panas. Hal inilah yang akhirnya mengurangi masa pendinginan ruangan dikarenakan masa pendinginan yang seharusnya bisa dicapai menjadi tidak bisa dicapai karena didahului oleh pemutusan arus oleh Overload untuk melindungi kompresor dari panas berlebih.
  • Pada kasus lain, dapat ditemukan juga Overload yang hangus dan akibatnya arus listrik ke kompresor terputus, kompresor mati sehingga proses pendinginan berhenti total.
  • Pada kondisi tertentu, panas yang dihaslkan kompresor ini juga dapat melelehkan kabel dan menimbulkan arus pendek. Arus pendek ini penyebab kerusakan yang paling parah pada kompresor.
Catatan :
Kerusakan yang ditimbulkan mungkin saja tidak serta merta langsung terjadi melainkan memerlukan waktu beberapa lama hingga akhirnya kompresor akan rusak total.

Overload AC
Akibat Arus Pendek
Overload pada kompresor & Kerusakan akibat arus pendek


Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !