TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel

Service kulkas 1 pintu bocor tertusuk, kenapa mahal ?


Kulkas 1 pintu
Pertanyaan seperti pada judul diatas sering muncul karena umumnya pengguna kulkas tidak mengerti mengenai sistem pendingin serta teknik perbaikan untuk kulkas.
Bahkan beberapa pengguna berasumsi bahwa kebocoran pada evaporator kulkas itu penanganannya cukup mudah, tinggal menambal bagian yang bocor dan kemudian mengisi freon, selesai.
Secara garis besar asumsi tersebut memang sudah benar namun masih belum detail. Berikut ini penjelasan detailnya. 

Kulkas 1 pintu memiliki ciri khas yaitu menghasilkan lapisan bunga es tebal pada seluruh permukaan evaporator. Hal ini menyebabkan benda / barang yang berada pada evaporator melekat karena membeku. 

Evaporator membeku
evaporator kulkas 1 pintu saat membeku


 Info terkait : Service Kulkas 1 Pintu
Beberapa konsumen yang kesulitan mengambil benda / barang pada evaporator tersebut misal es batu sering kali mengambil jalan pintas dengan cara mencongkel dan hasilnya, evaporator pada kulkas tersebut yang terbuat dari bahan plat alumunium tipis akan rusak dan menghasilkan lubang karena tertusuk benda tajam akibat pencongkelan.

evaporator kulkas 1 pintu
Lubang akibat dari mencongkel tersebut menghasilkan kebocoran freon tepat pada saat es masih membeku dan apabila mencair karena gas pendingin / freon sudah habis, pendinginan akan terhenti dan es mulai mencair yang kemungkinan air dari pencairan tersebut dapat memasuki lubang bocor.

Evaporator kulkas akan bocor karena hampir diseluruh evaporator terdapat saluran yang berisi freon bertekanan. Apabila saluran ini terisi air, oli atau kotoran lain maka proses pendinginan akan terganggu /tersumbat dan bahkan dapat berakibat kerusakan pada kompresor sebagai pemberi dorongan/tekanan pada freon dalam prosesnya, apabila penanganan kebocoran seperti ini tidak sesuai prosedur.

Selain air dapat memasuki saluran pada evaporator, hal lain yang menjadi masalah adalah oli kompresor. Oli kompresor ini dengan sendirinya akan ikut terpompa bersama freon dari kompresor karena terjadi perubahan tekanan akibat kebocoran. Apabila oli ini sampai menyumbat pipa kapiler maka diperlukan lagi kerja ekstra untuk menangani penyumbatan pipa kapiler.



Pipa Kapiler
Pipa kapiler
Selain menambal bagian yang bocor, hal itu menjadi PR tersendiri bagi teknisi yang menangani kebocoran tersebut karena harus mengevakuasi antara oli kompresor dan air dari saluran freon agar tidak terjadi penyumbatan setelah diperbaiki.
Proses evakuasi oli dan air pada saluran evaporator membutuhkan kesabaran dan harus teliti karena prosesnya cukup rumit serta memerlukan bahan serta peralatan yang mendukung


Berikut ini penjelasan singkat proses evakuasi oli / air pada evaporator.

1. Melepas baut dan bingkai penahan evaporator dari kulkas.

2. Memotong pipa saluran penghubung freon dari evaporator ke kompresor.
Melepaskan evaporator dari pipa penghubung yang menuju ke kompresor sebenarnya lebih baik dilakukan dengan pengelasan agar ukuran panjang pipa tidak berkurang. Akan tetapi pengelasan akan beresiko merusak lapisan dalam dinding kulkas karena suhu panas dapat melelehkan dinging kulkas yang terbuat dari bahan plastik sehingga cara memotong akan menghindari kerusakan tersebut.

3. Memasang ventil dengan pengelasan pada pipa penghubung evaporator.
Pemasangan ventil ini berfungsi untuk memudahkan pemasangan selang manifold dan menghindari kebocoran gas tekan saat flushing.

4. Flushing / meniup saluran evaporator dengan gas bertekanan tinggi untuk mengeluarkan oli / air.
Gas bertekanan untuk flushing bisa menggunakan freon jenis khusus atau nitrogen, tergantung dari teknisi yang mengerjakan.

5. Pemasangan kembali evaporator ke pipa saluran seperti semula dengan pengelasan.
Pemasangan kembali wajib menggunakan pengelasan untuk menghindari kebocoran pada sambungan.

6. Tahap pemeriksaan lanjutan pada saluran pipa kapiler, filter, oli kompresor dan pengisian freon. Pada tahap ini keputusan teknisi sangat penting apakah harus mengganti baru atau flushing, mengganti oli atau menambah karena akan mempengaruhi kinerja kompresor dan proses pendinginan. Sangat disarankan untuk mengganti bagian rawan penyumbatan dengan yang baru untuk menghindari resiko penyumbatan kembali setelah service.

7. Pemasangan kembali saluran ke posisi semula dengan pengelasan.

8. Proses vakum / evakuasi udara dari seluruh saluran.
Hal ini wajib dilakukan karena udara / o2 dalam freon akan mengganggu tekanan dalam proses pendinginan sekaligus untuk mendeteksi kerapatan sambungan / pengelasan pipa apakah sudah benar-benar bebas dari kebocoran.

9. Tahap uji coba sekaligus pengukuran dan penyesuaian tekanan freon dan konsumsi daya listrik.

Setelah membaca penjelasan singkat tersebut, disarankan khususnya untuk pengguna kulkas agar menghindari cara mencongkel menggunakan benda tajam pada kulkas 1 pintu karena proses perbaikannya sangat rumit, memerlukan waktu, ketelitian, kesabaran serta pengetahuan / skill khusus dan diperlukan juga peralatan yang mendukung dsb.... Kesalahan pada saat perbaikan bisa saja terjadi akan tetapi itu dapat dihindari apabila Anda tidak mencongkel kulkas Anda... Hehehee...

Dari uraian diatas, silahkan anda pertimbangkan kembali mengapa biaya perbaikan kebocoran bisa mahal ???
Dari bahan, peralatan, skill / jasa teknik dll... Pertimbangkan kembali untuk mencongkel atau mencabut power / men defrost (mencairkan) bunga es pada kulkas.

Info terkait : Service Kulkas 1 Pintu