TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel


085244123668
  • Senin - Sabtu :
    Jam 09:00 - 17:00
  • Hari Jumat :
    Jam 09:00 - 11:00
    Jam 14:00 - 17:00
  • Hari Minggu / Besar / Raya - LIBUR.
  • Layanan kami tutup sementara hingga tanggal 31 Oktober 2017

Timer Kulkas

Timer Kulkas
Timer seperti gambar diatas biasa terdapat pada kulkas 2 pintu karena pada kulkas 2 pintu diterapkan sistem NO FROST atau lebih tepatnya DEFROST otomatis. Berbeda dengan kulkas 1 pintu yang tidak dirancang tanpa sistem No Frost melainkan dengan sistem defrost manual sehingga pada kulkas 1 pintu selalu terdapat penggumpalan bunga es pada bagian evaporator / freezernya sedangkan pada kulkas 2 pintu tidak terdapat penggumpalan bunga es pada bagian freesernya.

Komponen lain yang hanya terdapat di kulkas 2 pintu selain Timer adalah :
Defrost thermo (Bimetal)
Plate heater (Pemanas)
Thermofuse

Pada dasarnya sistem pendinginan pada kedua jenis kulkas ini sebenarnya sama persis. Pembeda utamanya hanyalah sistem NO FROST itu sendiri.

Baca juga : Sistem No Frost Kulkas 2 Pintu

Fungsi timer tersebut adalah untuk mengatur / membatasi lamanya waktu pendinginan agar tidak terjadi penggumpalan es berlebihan dengan cara memutuskan arus listrik ke kompresor setiap (sekitar) 6 jam sekali dan menyambungkan / mengalihkan arus listrik ke komponen defrost heater dan plate heater (pemanas) untuk mencairkan bunga es di evaporator. Dengan kata lain , timer melakukan defrost (pencairan bunga es) secara otomatis setiap 6 jam sekali. Untuk lebih jelas, lihat skema dibawah ini.


skema 1
Keterangan : 
Pada skema diatas kolom berwarna merah menunjukkan bahwa kontak timer berada pada posisi 3 - 4 yang mana posisi ini menunjukkan arus listrik terhubung ke kompresor.
Artinya, proses pendinginan sedang berlangsung karena kompresor mendapatkan arus listrik dari kontak timer.

skema 2
Keterangan :
Pada skema 2 diatas, lihat garis merah menunjukkan kontak timer berada pada posisi 3-2. Posisi ini kontak timer mengalihkan arus listrik menuju Defrost Thermo, Plate Heater serta Defrost Heater dan memutuskan arus yang menuju kompresor.
Artinya pada posisi tersebut, proses pencairan sedang terjadi. Karena pencairan dilakukan oleh pemanas / heater maka suhu disekitar evaporator akan meningkat sehingga bunga es di evaporator mencair.

Lamanya proses pencairan ini ditentukan oleh defrost thermo. Pada saat defrost thermo "merasakan" suhu telah mencapai batas yang ditentukan maka defrost thermo akan memutuskan arus ke komponen pemanas dan mengaktifkan timer kembali sehingga proses pendinginan akan terjadi lagi. Proses ini akan terus terjadi terus menerus berulang- ulang selama tidak terdapat kerusakan komponen dan supply arus listrik tidak terputus karena listrik padam / kabel power dicabut.


Baca jugaPenyebab Kulkas Tidak Dingin
                   Cara Memeriksa Kondisi Timer Kulkas