Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Menu

Cara memeriksa fungsi heater tanpa avometer

Memeriksa / mengecek fungsi suatu komponen tanpa menggunakan alat ukur kadang kala diperlukan pada kondisi tertentu, mungkin saja pada saat alat ukur sedang bermasalah / rusak, batrey habis, lupa dibawa atau mungkin belum punya alat ukur / avometer. Dengan kata lain ini adalah cara alternatif untuk membantu pemeriksaan kerusakan pada suatu perangkat tertentu.

Kali ini kita membahas cara memeriksa fungsi heater kulkas.
Heater kulkas tabung kaca
Glass Tube Heater

Heater sendiri memiliki fungsi sebagai pemanas pada kulkas untuk membantu mencairkan pembekuan di bagian evaporator kulkas. Proses pencairan ini terjadi secara otomatis dan berkala menurut waktu yang telah ditentukan oleh Timer sebagai komponen pendukungnya yaitu yang bertugas untuk mengatur lamanya waktu pendinginan dan menghentikan proses tersebut untuk mengaktifkan proses pencairan.
Bagian-bagian heater tabung kaca

Letak heater ini dalam kulkas biasa berada dibawah evaporator, posisi yang sempit dan sulit dijangkau. Sehingga perlu kesabaran dan hati2 untuk mengeluarkan heater dari tempatnya apabila terjadi kerusakan / penggantian komponen ini.

Lokasi Heater
Kerusakan pada heater akan mengakibatkan gumpalan es pada evaporator tidak bisa mencair sehingga menghambat / menyumbat sirkulasi pendinginan menuju bagian referigerator atau kulkas bagian bawah alhasil, bagian tersebut tidak dingin meskipun bagian atas tetap dingin dan membeku.

Pembekuan pada Evaporator kulkas 2 pintu

Gangguan seperti ini juga akan muncul jika salah satu komponen dalam rangkaian pemanas rusak, komponen tersebut antara lain : Timer, Bimetal (Defrost heater) hingga thermofuse.

Baca : Tentang timer kulkas 2 pintu
           Sistem No Frost Kulkas 2 Pintu

Berikut ini cara trik / cara memeriksa Heater dengan jenis tabung kaca tanpa avometer dan tanpa perlu melepaskan heater dari tempatnya.

Perhatikan  gambar dibawah ini :

Catatan :
Pastikan Bimetal dan Thermofuse masih berfungsi dgn baik namun jika dengan Bimetal terhubung tidak berhasil, lepaskan Bimetal dan hubungkan langsung kabel yg menghubungkan Bimetal tadi ke kabel Heater.
Pastikan juga kulkas dalam kondisi mati / cabut kabel power dari terminal
dan bunga es pada evaporator sudah mencair.

- Longgarkan evaporator agar heater bisa dilihat atau setidaknya bisa disentuh.
Seperti pada gambar diatas, cabut kabel no 4 yang merupakan kabel menuju kompresor.
- Kemudian cabut dan pasangkan kabel no 2 ke kaki timer no 4 tadi.
Kabel no 2 adalah kabel penghubung ke rangkaian heater kulkas.
setelah itu nyalakan kulkas biarkan sekitar 3 sampai 4 menit, jangan terlalu lama. 
pada saat itu lihat ke arah heater jika bisa terlihat maka heater akan nampak menyala merah karena proses pemanasan, tutup pintu kulkas sebagian agar nyala heater bisa lebih jelas atau jika tidak terlihat sentuh dengan jari dan rasakan suhunya.
- Jika terasa panas / heater terlihat merah menyala berarti heater masih berfungsi baik.
Setelah itu matikan segera.

Semoga bermanfaat.