TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel

Beberapa Akibat Jika AC Kurang Perawatan

PERHATIAN

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan timbul jika AC Anda kurang perawatan :

1. Kurang / tidak dingin

Debu atau kotoran yang menutupi filter udara dan bagian lainnya akan menghalangi sirkulasi udara dingin. Kompresor pada unit outdoor sebagai komponen utama untuk proses pendinginan menjadi cepat panas dan sering mati tanpa anda ketahui walaupun fan / kipas outdoor tetap menyala. Karena suhu panas kompresor tidak dapat didinginkan oleh fan / kipas akibat dari tersumbatnya kisi-kisi kondensor oleh debu/kotoran.




2. Boros listrik

Penurunan kemampuan pendinginan akan mengakibatkan kompresor bekerja secara tidak normal. Karena pencapaian suhu ruangan yang sulit dicapai dan sering mati.

3. Karat

Oksidasi logam / metal karena debu atau kotoran lainnya akan menimbulkan karat pada permukaan pipa atau bahan logam lainnya mengakibatkan pengeroposan dan rusak.

4. Mengganggu kesehatan

Debu atau kotoran lainnya mengandung bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan bau tak sedap, hembusan udara ac pun tidak segar sehingga tidak baik untuk kesehatan. 

5.  Penurunan umur pakai AC

Karat dan kotoran yang menempel pada ac akan menghambat proses pendinginan sehingga mempengaruhi komponen-komponen yang bekerja dalam proses tersebut, inilah yang akan mengakibatkan kinerja ac menjadi tidak normal dan akan menurunkan umur pakai AC Anda.

Anjuran :

1. Bersihkan filter udara yang ada pada bagian indoor paling sedikit 2 minggu sekali atau labih sering untuk daerah berdebu.

Bersihkan filter secara rutin

2. Lakukan pencucian AC secara menyeluruh baik pada bagian indoor maupun outdoor, minimal dalam waktu 3 bulan atau lebih sering untuk daerah berdebu.

3. Lakukan perawatan PEREMAJAAN (cuci bongkar) jika masa pakai AC Anda telah mencapai minimal 8 bulan atau 1 kali dalam 1 tahun agar kondisi AC Anda terjaga dan mampu berfungsi maksimal seperti AC baru.