TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel


085244123668
  • Senin - Sabtu :
    Jam 09:00 - 17:00
  • Hari Jumat :
    Jam 09:00 - 11:00
    Jam 14:00 - 17:00
  • Hari Minggu / Besar / Raya - LIBUR.
  • Layanan kami tutup sementara hingga tanggal 31 Oktober 2017

Tentang Kapasitor

Pengertian :
Kapasitor adalah perangkat komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dan terdiri dari dua konduktor yang dipisahkan oleh bahan penyekat (dielektrik) pada tiap konduktor atau yang disebut keping.
Kapasitor biasanya disebut dengan sebutan Kondensator yang merupakan komponen listrik dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan muatan listrik.
Pengertian Kapasitor
Berbagai Jenis Kapasitor

Prinsip kerja kapasitor :
Pada umumnya hampir sama dengan resistor yang juga termasuk ke dalam komponen pasif. Komponen pasif adalah jenis komponen yang bekerja tanpa memerlukan arus panjar.
Kapasitor sendiri terdiri dari dua lempeng logam (konduktor) yang dipisahkan oleh bahan penyekat (isolator). Penyekat atau isolator banyak disebut sebagai bahan zat dielektrik seperti tersebut diatas.

Zat dielektrik yang digunakan untuk menyekat kedua komponen tersebut berguna untuk membedakan jenis-jenis kapasitor. Di dunia ini terdapat beberapa kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik, antara lain kertas, mika, plastik cairan dan masih banyak lagi bahan dielektrik lainnya. Dalam rangkaian elektronika, kapasitor sangat diperlukan terutama untuk mencegah loncatan bunga api listrik pada rangkaian yang mengandung kumparan. Selain itu, kapasitor juga dapat menyimpan muatan atau energi listrik dalam rangkaian, dapat memilih panjang gelombang pada radio penerima dan sebagai filter dalam catu daya (Power Supply).

Fungsi kapasitor :
Dalam rangkaian elektronik, kapasitor berfungsi sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik.
Untuk arus DC, kapasitor dapat berfungsi sebagai isulator (penahan arus listrik), sedangkan untuk arus AC, kapasitor berfungsi sebagai konduktor (melewatkan arus listrik).
Dalam penerapannya, kapasitor banyak di manfaatkan sebagai filter atau penyaring, perata tegangan yang digunakan untuk mengubah AC ke DC, pembangkit gelombang AC (Isolator) dan masih banyak lagi penerapan lainnya.
Jenis Kapasitor :
Jenis Kapasitor

Kapasitor dalam rangkaian elektronika terbagi menjadi 2 macam, yaitu

  • kapasitor polar
  • kapasitor non polar.

Simbol Kapasitor
Simbol Kapasitor / Kondensator
Kapasitor polar adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub dan mempunyai polaritas positif/negatif. Kapasitor ini terbuat dari bahan elektrolit yang mempunyai nilai kapasitansi yang besar di bandingkan dengan kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik.

Sedangkan kapasitor non polar adalah jenis kapasitor tidak memiliki polaritas postif dan negatif pada kedua kutubnya. Kutub atau kaki kapasitor jenis ini dapat kita gunakan secara terbalik.

Meskipun kedua jenis kapasitor ini sama-sama digunakan untuk menyimpan muatan listrik, tapi masih banyak perbedaan dari kedua jenis tersebut, di antaranya adalah bahan yang digunakan dan juga fungsi / kegunaannya.

Jenis kapasitor juga dapat kita bedakan menjadi beberapa, yaitu:

  1. kapasitor keramik
  2. kapasitor elektrolit (elco)
  3. kapasitor tantalum
  4. kapasitor multilayer
  5. kapasitor polyester film
  6. elekctric double
  7. super kapasitor
  8. trimer dan kapasitor tuning.