Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Menu

Penyebab Kulkas Tidak Dingin



1. Jalur kabel terputus.

Ciri-ciri :
Jika jalur kabel power putus kondisi kulkas sudah pasti mati total. Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali baik itu lampu, kipas ataupun kompresor.
Penyebab putusnya kabel ini mungkin saja oleh gigitan tikus, tergencet benda berat atau terkena gesekan benda tajam. Kecuali gigitan tikus jika peyebab putus adalah benda logam maka bisa mengakibatkan korslet.
Solusi :
Lakukan pengecekan dengan teliti kemudian lakukan penyambungan atau ganti dengan kabel baru.

2. Salah satu komponen kelistrikan kulkas ini rusak / tidak bekerja.

Ciri-ciri :
Kipas dan lampu tetap menyala namun tidak dingin, ini berarti kompresor mati.

Beberapa komponen kulkas yang sering kali rusak sebenarnya merupakan komponen pelindung / protector kompresor dan kerusakan tersebut wajar terjadi dan merupakan indikasi bahwa komponen itu benar-benar melindungi kompresor agar tidak rusak meskipun harus "mengorbankan diri" .

Pada kompresor umumnya terdapat 2 komponen pelindung antara lain :

a. Overload hangus terbakar:
Overload
Overload

Komponen ini berfungsi melindungi kompresor secara langsung dengan cara memutuskan arus listrik ke kompresor berdasarkan suhu / panas yang timbul dari body kompresor itu sendiri agar gulungan dalam kompresor tidak terbakar karena panas berlebih yang timbul pada saat proses pendinginan.
Letak komponen ini menempel tepat disamping body kompresor, tertutup box plastik. Sehingga jika komponen ini rusak biasanya pasti dalam kondisi setengah hangus dan retak / pecah.




b. PTC Relay / Starter rusak atau hangus:
PTC Relay

Komponen ini merupakan komponen sejenis saklar otomatis dan bekerja sebagai pembantu kompresor dalam melakukan start motor agar mencapai putaran maksimal saat kulkas dinyalakan. Namun karena fungsi start kompresor umumnya memerlukan arus listrik yang lebih kuat yang melewati relay maka sering kali menjadi hangus karena panas arus listrik saat start dan ditambah lagi letak komponen ini menempel dan berdekatan dengan Overload sehingga menerima panas secara langsung dari bodi kompresor.




c. Temperatur kontrol rusak:
Temperatur Control

Adalah komponen/alat yang letaknya berada dalam kulkas (di Freezer biasa terletak luar) dengan tugas menyalakan dan memutuskan arus listrik ke kompresor berdasarkan batas suhu dingin yang ditentukan dari dalam kulkas. Selain sebagai pengatur suhu, Temperatur kontrol juga berfungsi sebagai saklar manual untuk menghidupkan atau mematikan kulkas dengan cara memutarnya. Sebenarnya komponen ini jarang sekali rusak namun bukan berarti tidak bisa rusak. Jika rusak maka efeknya adalah kulkas tidak bisa dingin, kompresor mati karena arus listrik terhenti pada temperatur saja.

d. Defrost Timer rusak:
Timer Defrost

Pada kulkas , alat ini terletak dibagian dalam. Selama kulkas menyala, alat ini masih memiliki fungsi sebagai saklar otomatis namun bekerja berdasarkan waktu. Dengan bantuan dinamo mini sebagai penggerak gerigi dalam timer, alat ini mengatur waktu pencairan / defrost kemudian menghidupkan kembali kompresor apabila telah mencapai waktu yang ditentukan (sesuai setting pabrikan kulkas). Sehingga dapat dipastikan jika alat ini tidak bekerja atau dalam kondisi off / defrost maka kompresor kulkas tidak akan bekerja, tidak dingin tentu saja.




Catatan :
Komponen / alat diatas umum terdapat pada kulkas 1 pintu dan 2 pintu.
Untuk komponen berikut ini hanya terdapat pada kulkas 2 pintu saja.


e. Defrost heater & Bimetal (defrost thermostat) rusak.
Heater

Mungkin sebagian pemilik kulkas tidak mengetahui bahwa pada kulkas 2 pintu terdapat heater / pemanas. Namun pemanas ini dirancang khusus dengan suhu sedang / tidak terlalu panas karena berfungsi untuk mencairkan / membatasi pembekuan pada evaporator kulkas khusus 2 pintu.
Inilah sebab kenapa pada kulkas 2 pintu tidak terjadi bunga es seperti pada kulkas 1 pintu.


Defrost heater bekerja sama dengan Bimetal dalam menjalankan fungsinya dan dijaga oleh thermofuse yang akan kita bahas setelah ini dibawah.
Bimetal
Bimetal

Lagi dan lagi dengan memutuskan arus listrik yang menuju ke kompresor berdasarkan batas suhu tertentu. Karena kedua alat ini berhubungan langsung dan bekerja sama maka jika salah satu rusak maka menimbulkan efek tidak dingin pada kulkas 2 pintu.
Akan tetapi justru terjadi penggumpalan es pada bagian freezer.
Untuk memperbaiki kerusakan kedua alat ini , harus membuka dinding dalam freezer karena tersembunyi dibalik dinding freezer dalam kulkas, persis disekitar kipas.





f. Thermofuse putus.
Thermofuse
Thermofuse

Komponen ini sejenis fuse sekering pengaman namun bekerja melindungi kulkas dari pemanasan efek defrost thermostat yang tidak bekerja / rusak.
Jika terjadi pemanasan yang melebihi kapasitasnya maka thermofuse  akan putus dan tidak ada jalan lain selain mengganti baru. Efek putusnya thermofuse ini akan menghetikan arus listrik dari heater menuju bimetal yang mengarah ke timer dan kompresor.
Jika putus maka tentu saja kompresor mati.






g. Fan motor / kipas mati.
Fan Kulkas
Fan Kulkas

Sebagai pembantu perputaran sirkulasi udara dalam kulkas, Jika fan / kipas kulkas tidak bekerja maka sirkulasi udara dingin dalam kulkas tertahan di ruang freezer. Hal ini mengakibatkan bagian bawah kulkas menjadi tidak dingin. Karena suhu dingin tidak tersalur keruang bawah dan dapat menimbulkan penggumpalan / bunga es berlebih dalam ruang freezer kulkas 2 pintu kemudian gumpalan tersebut menutupi lubang saluran udara. Gejala yang ditimbulkan mirip dengan kerusakan komponen heater dan bimetal.

h. Kapasitor starter rusak.
Kapasitor
Kapasitor Starter

Alat ini berperan aktif pada saat menghidupkan kompresor / start pertama kali. Jika rusak maka kompresor tidak akan mampu melakukan start sehingga sangat jelas akan mengakibatkan tidak terjadinya pendinginan pada kulkas. Hal ini juga diterapkan pada kompresor AC.

i. Kompresor mati total / rusak.
Kompresor Kulkas
Kompresor Kulkas

Jika ditemui gejala tidak dingin pada kulkas 1 pintu ataupun 2 pintu juga pada AC, pastikan terlebih dahulu mengukur atau melakukan pengetesan pada kompresor. Karena kompresor merupakan komponen terakhir dalam rangkaian dan sekaligus komponen utama pada sistem pendingin sehingga penyebab kompresor mati bisa saja akibat rusaknya salah satu komponen lain pada rangkaian tersebut.
Lihat info mengenai .


3. Voltase listrik tidak stabil.
Jaringan Listrik PLN

Pada daerah tertentu tegangan listrik bisa berubah drastis seperti yang terjadi di area Papua dimana pembangkit listrik rata2 menggunakan PLTD atau tenaga diesel. Listrik yang dihasilkan lebih rentan terhadap penurunan voltase jika dibandingkan dengan PLTA seperti di daerah Jawa. Namun tidak hanya faktor ini saja yang menyebabkan terjadinya penurunan voltase.
Faktor kelebihan beban dalam jaringan listrik di area tertentu baik itu jaringan PLN ataupun jaringan instalasi perumahan. Untuk hal ini disarankan agar menggunakan stavol / stabilizer untuk membantu menetralkan voltase kepada standart 220 volt namun umumya tidak 100% alat ini membantu menstabilkan voltase.
Atau mintalah teknisi listrik / PLN untuk mendapatkan solusi terbaik karena cara terbaik adalah dengan memindahkan jalur induk kabel listrik ke jaringan listrik yang bertegangan standart 220 volt.