Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Menu

Mesin Cuci 2 tabung

Komponen dan Kerusakan Mesin Cuci

Service Mesin Cuci
Mesin Cuci 2 Tabung
Mesin cuci dengan 2 tabung merupakan jenis mesin cuci populer dibandingkan mesin cuci otomatis dengan 1 tabung. Disamping harga yang lebih murah, desainnya juga selalu terupdate karena sampai saat ini jenis mesin cuci ini masih terus diproduksi.

Kelebihan mesin cuci 2 tabung :

Selain memiliki fungsi dan manfaat penting yang menjadi kebutuhan setiap orang mesin cuci ini lebih mudah perawatan dan servicenya karena tidak menggunakan sistem auto digital dengan rangkaian komponen elektronik yang rumit.
Mesin Cuci
Mesin Cuci otomatis 1 tabung
Apabila kerusakan terjadi pada salah satu tabung maka tabung lainnya masih bisa difungsikan. Hal ini berbeda dengan mesin cuci otomatis 1 tabung. Karena hanya menggunakan 1 tabung saja maka apabila terjadi kerusakan pada tabung tersebut akibatnya mesin cuci akan lumpuh total.
Selain harga komponen yang pasti lebih mahal , jumlah komponen pada mesin cuci otomatis juga mungkin 2 kali lebih banyak dari pada mesin cuci 2 tabung. Dan pasti setiap komponen tersebut memiliki harga masing2.
Skema Rangkaian Mesin cuci otomatis
Lihat gambar skema diatas merupakan milik mesin cuci otomatis.
Kolom bertuliskan ELETRONIK CONTROLLER adalah modul utama sistem program mesin cuci ini. Modul tersebut jika rusak harganya diatas harga dinamo mesin cuci biasa / 2 tabung.
Bisa dibayangkan bagaimana kalau saja terjadi kerusakan pada mesin cuci tersebut ???.
Bagi orang yang bekecukupan mungkin tidak jadi soal namun lebih banyak lagi jumlah orang dengan taraf hidup menegah kebawah, tentu pasti keberatan dengan ini itunya.
(Itu pendapat pribadi admin)

Kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci 2 tabung. 

Service Mesin Cuci

1. Terputusnya jalur kabel.

Pada mesin cuci 2 tabung menggunakan 2 buah dinamo yang masing2 rangkaiannya terpisah namun dalam tiap rangkaianya setiap jalur dihubungkan dengan kabel yang biasanya panjang sepanjang tinggi mesin cuci. Kabel2 ini sering terganggu / putus akibat dari 1 penyebab utama yaitu oleh gigitan tikus.
Untuk gangguan ini cukup diperbaiki dengan menyambung kembali kabel yang putus dan mengantisipasi agar si Tikus tidak bisa masuk ke area kabel lagi.

2. Timer rusak

Masing2 tabung pada mesin cuci 2 tabung baik pengering atau pencuci dikontrol melalui timer switch.
Jika salah satu timer rusak maka jelas dinamo yang terhubung dengan timer tersebut tidak akan berfungsi.
Untuk mengganti Timer ini haruslah disesuaikan dengan model / jumlah kabel timer aslinya agar tidak banyak perubahan serta lebih mudah pemasangannya.

Berikut ini contoh model timer pada mesin cuci 2 tabung :

Timer tunggal atau single / terpisah , untuk model ini tinggal menyesuaikan jumlah kabelnya ,
2 kabel atau 3 kabel.

Timer double, sekali lagi perhatikan jumlah kabel dan sesuaikan dengan timer asli dari mesin cuci.

3. Kapasitor Mesin cuci Rusak
Kapasitor mesin cuci

Kapasitor mesin cuci umumnya menggunakan 4 kabel karena pada dasarnya kapasitor ini terdiri dari 2 kapasitor untuk pengering dan untuk pencuci dengan ukuran berbeda yang disatukan.
Kerusakan pada kapasitor ini biasanya terlihat dari putaran dinamo pencuci atau pengering akan lebih lambat dari sebelumnya atau jika sudah parah maka dinamo tidak dapat terputar sama sekali.
Untuk penggantian perhatikan ukuran yang tertera pada bodi kapasitor dan usahakan agar saat pemasangan kabel tidak tertukar karena dari 4 kabel hanya 2 kabel untuk masing2 dinamo.



4. Dinamo mesin cuci terbakar / rusak
Dinamo mesin cuci
Dinamo Mesin cuci 2 tabung
Kerusakan pada dinamo biasa memunculkan suara dengung pada bagian belakang mesin cuci. Hal ini disebabkan karena gulungan / spull dinamo putus atau korslet. Bisa juga karena terkena air karena bocor dari tabung.

5. Gearbox rusak
Gearbox mesin cuci
Tanda kerusakan gearbox adalah putaran yang tidak menentu pada tabung pencuci. Kadang putar cepat, kadang lambat atau kadang tidak mau berputar kembali.
Seal karet pada gearbox juga jika terjadi kerusakan akan berakibat bocornya air pencucian karena fungsi seal karet ini adalah menahan keluarnya air dari tabung melalui celah penghubung as gearbox dengan lubang tabung.
Untuk mengganti gearbox diperlukan pembongkaran agar gearbox bisa di lepas untuk kemudian di jadikan contoh pada gearbox pengganti agar ukuran dan posisi pemasangan gearbox tetap sesuai aslinya.

Gangguan lain yang mungkin terjadi pada mesin cuci 2 tabung :
1. Pengering tidak bisa terputar.
Solusi :
>>> Buka penutup belakang mesin cuci dan periksa tali rem yang terhubung dengan penutup pengering kemungkinan putus sehingga dinamo tidak dapat terputar karena jika tali tersebut putus maka cakram dinamo otomatis dalam kondisi ter-cengkeram / rem.
Rem cakram mesin cuci
>>> Buka casing timer dan periksa dibagian tumpuan penutup pengering apakah plat / lempengan tembaga yang berfungsi sebagai Swicth pada bagian penumpu penutup pengering tidak bersentuhan. Jika plat tembaga ini tidak bersentuhan maka arus listrik tidak mengalir ke dinamo sehingga dinamo pengering tidak akan terputar.

2. Pembuangan tersumbat / air tidak terbuang.
>>> Buka penutup belakang mesin cuci, periksa saluran pembuangan dari tali, karet penutup pembuangan, kotoran dsb.