TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel

Kompresor AC rusak, ini penyebabnya

Beberapa penyebab rusaknya kompresor AC :
Kompresor AC
Kompresor AC

1. Kurangnya perawatan pembersihan.

Kondensor AC Split Unit Outdoor

Debu dan kotoran yang menempel pada AC jangan dianggap sepele. Karena inilah salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan kompresor selain akibat dari naik / turunnya tegangan listrik.
"Bagaimana bisa kotoran dan debu dapat merusak kompresor ?"
Fakta yang kami dapat dari pengalaman kami dilapangan memberikan jawabannya.
Debu dan kotoran yang menutupi bagian belakang unit outdoor (kondensor) terbukti menghambat sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh kipas / fan outdoor dalam proses pendinginan kompresor.
Akibatnya, suhu kompresor yang selalu meningkat saat ac menyala tidak mudah didinginkan oleh fan / kipas sehingga panas kompresor tidak terbuang karena adanya penyumbatan sirkulasi udara di kisi-kisi kondensor mengakibatkan suhu kompresor menjadi sangat panas. Hal inilah yang lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pada kompresor ac.

2. Tegangan (voltase) listrik tidak stabil.

Voltase (voltage) standart listrik yang digunakan perangkat elektronik terutama kulkas dan ac umumnya adalah 220 volt. Namun dari pengalaman kami menemukan bahwa voltase terendah yang masih dapat digunakan untuk AC adalah 190 volt jika kurang dari angka tersebut maka akan berdampak buruk untuk perangkat AC anda.
Gejala yang terjadi pada AC jika terjadi penurunan voltase adalah :
- AC tidak dingin / kurang dingin.
- Bunyi berisik yang tidak menentu pada unit outdoor AC. Hal ini terjadi karena pada saat voltase menurun kompresor  tetap "memaksakan diri" untuk memenuhi kebutuhan pendinginan dengan tegangan yang tidak mencukupi kapasitasnya sehingga timbul getaran berlebih, panas pada kompresor cepat meningkat dan akibatnya kompresor mati.
Jika voltase turun dibawah 190 volt dalam jangka waktu lama maka akan merusak kompresor AC. Disarankan menggunakan Stabilizer / Stavol .
Namun jika penurunan voltase hanya terjadi dalam jangka pendek saat voltase kembali normal dan suhu panas kompresor telah normal, AC anda masih bisa bekerja normal kembali.
- Jika voltase yang dibutuhkan melebihi voltase standart 220 volt misal 230 volt keatas maka ini juga akan merusak perangkat elektronik dirumah anda karena melebihi batas kapasitas yang dimiliki perangkat elektronik.

3. Pipa saluran freon bocor.

Kebocoran pada saluran freon AC mengkibatkan oli kompresor berkurang karena oli ikut keluar melalui lubang penyebab kebocoran.
Jika oli yang terbuang akibat kebocoran tersebut tidak banyak, kompresor AC masih bisa bekerja normal. Namun jika oli yang terbuang cukup banyak maka kompresor akan menjadi cepat panas. Lambat laun hal ini juga akan mengakibatkan kerusakan kompresor AC.


"Teknisi yang bijak tidak hanya mengutamakan keuntungan dari layanannya saja namun juga mengutamakan kualitas layanan serta kepuasan pelanggan"