TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel


085244123668
  • Senin - Sabtu :
    Jam 09:00 - 17:00
  • Hari Jumat :
    Jam 09:00 - 11:00
    Jam 14:00 - 17:00
  • Hari Minggu / Besar / Raya - LIBUR.
  • Layanan kami tutup sementara hingga tanggal 31 Oktober 2017

Kompresor AC Mati

Kompresor AC Mati, Ini Penyebabnya


1. Arus listrik ke kompresor terputus.

Terputusnya arus menuju kompresor bisa disebabkan karena kabel putus atau socket penghubung terlepas / longgar karena sebab tertentu, periksa jalur kabel dari indoor ke outdoor untuk memastikan hal ini.






2. Relay tidak berfungsi / rusak.
Relay
Relay

Relay adalah saklar otomatis pada AC terdapat dibagian unit indoor tepatnya pada modul kontrol AC tergabung bersama komponen lain. Alat ini bekerja sebagai penyambung dan pemutus arus listrik menuju outdoor secara otomatis ditentukan oleh peran komponen lain berdasarkan mode yang tersetting dari remot.




Catatan :
Thermistor
Thermistor
Komponen yang sering mempengaruhi kinerja relay ini adalah thermistor atau sejenis sensor suhu yang fungsinya membaca suhu pada evaporator dan pada suhu tertentu akan memberikan perintah pada relay untuk mematikan outdoor karena indoor telah mencapai suhu yang ditentukan. (Lihat gambar)
- Jika thermistor ini lemah / rusak maka kinerja relay menjadi tidak menentu tergantung kerusakan yang terjadi pada thermistor.

Jika kabel thermistor putus / lepas gejala yang timbul adalah :
- Outdoor mati dan menyala dengan jarak waktu singkat hal ini menyebabkan AC tidak dingin karena waktu yang diperlukan untuk proses pendinginan terlalu singkat karena mati secara berulang-ulang.
- Jika termistor rusak atau lemah gejala yang muncul tidak menentu : kadang outdoor tidak menyala sama sekali atau bisa juga menyala sebentar tapi mati tiba2 seolah pengaturan timer pada remot diaktifkan.
Dari beberapa kasus service yang kami tangani ternyata gangguan yang timbul akibat thermistor semacam ini sering membuat teknisi menjadi bingung dan salah dalam memperkirakan kerusakan sehingga diperlukan ketelitian dalam menanganinya.

2. Kapasitor Rusak
Kapasitor AC
Capsitor

Untuk memastikan kerusakan kapasitor ada 2 cara :
Lihat secara fisik bodi kapasitor, jika terdapat perubahan bentuk seperti penggelembungan pada bagian bawah, keluar cairan semacam oli atau terdapat lelehan seperti bekas plastik terbakar maka sudah dapat dipastikan bahwa kapasitor harus diganti dengan yang baru.
Namun untuk lebih akurat gunakan cara kedua yaitu dengan multitester untuk mengukur besaran kapasitas kapasitor.
Catatan :
Dalam mengganti kapasitor dengan yang baru pastikan ukuran / kapasitasnya sesuai dengan aslinya dan juga perhatikan pemasangan socket penghubung kabel yang terhubung ke kapasitor jangan sampai terbalik / salah pasang karena bisa mengakibatkan kerusakan pada kompresor.


3. Overload Rusak.
Overload AC
Overload

Overload adalah alat / komponen yang terpasang tepat pada bagian atas kompresor.
Fungsi Overload adalah untuk melindungi kompresor dari panas berlebihan yang timbul saat kompresor bekerja dengan cara memutuskan arus listrik ke kompresor.
Jika alat ini rusak maka arus listrik tidak akan sampai ke kompresor sehingga kompresor tidak dapat menyala.



4. Kompresor rusak total.
KOmpresor AC
Kompresor AC

Apabila setelah dilakukan pengecekan seperti diatas namun kerusakan tidak ditemukan maka bisa dipastikan kompresor AC tersebut rusak. Untuk kerusakan kompresor sama dengan komponen lain yaitu harus digantikan dengan kompresor baru.
Sebagai komponen utama dalam perangkat pendingin (AC / Kulkas) , harga kompresor juga paling mahal ditambah lagi dengan biaya lain yang diperlukan dalam penggantiannya.
Biaya lain yang dimaksud adalah :
- Biaya jasa teknisi baik itu jasa pengelasan dan pemasangan kembali.
- Biaya pengisian freon
Konsultasikan pada teknisi ahli untuk menangani hal ini.