TUTUP Home Layanan Tarif Kontak Order Ketentuan Tentang Daftar Artikel

Tambah Daya Listrik Perhatikan Hal ini

 Tambah Daya
Jika anda ingin melakukan penambahan Daya listrik dari PLN untuk kebutuhan di rumah, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Perhatikan instalasi awal rumah Anda.


Sebelum melakukan penambahan daya, sangatlah penting untuk mempertimbangkan jalur instalasi dalam rumah Anda. Karena instalasi yang awalnya hanya dirancang untuk Daya rendah misalkan dari 900 Watt dan anda ingin menaikkan daya menjadi 2200 Watt maka tanpa disadari ini akan mengakibatkan Voltase listrik menjadi tidak stabil (Voltase naik turun).

Hal ini terjadi karena penambahan daya secara otomatis akan meningkatkan beban pemakaian arus listrik pada instalasi dalam rumah yang sebelumnya dirancang hanya untuk menghantarkan daya 900 Watt kini digunakan untuk menghantarkan beban sebesar 2200 Watt. Seiring dengan bertambahnya pemakaian perangkat elektronik dirumah Anda seperti misalkan AC, kulkas, pompa air, water heater, dispenser dsb.

Tanda-tanda tidak stabilnya Voltase biasanya listrik sering padam karena kontak MCB (limit pembatas) yang terpasang di Meteran listrik turun / off secara otomatis dikarenakan panas akibat dari kelebihan beban pada kabel instalasi.
MCB / Limit
MCB / Limit pembatas

Solusinya adalah merombak instalasi lama dengan melakukan instalasi ulang dan merancang pembagian fase (jalur induk dari meteran) menjadi 2 atau 3 jalur agar beban listrik tidak terpusat pada satu jalur saja. Pembagian fase / jalur ini dilakukan dengan cara memasang limit pembatas didalam rumah. Selain aman hal ini akan membuat anda lebih mudah mengontrol pemakaian listrik dirumah anda.
Limit pembatas listrik
Limit pembatas


Perhatikan :
Sering terjadi salah pengertian antara DAYA listrik dan VOLTASE.
Agar mudah dipahami, Daya listrik adalah berapa besarnya Watt listrik dirumah anda sedangkan Voltase listrik standar adalah 220 volt berapapun Daya yang dipakai.

2. Ukuran kabel.

Gunakan kabel dengan kualitas baik terutama pada ukuran kawatnya sesuaikan dengan beban listrik yang anda inginkan, konsultasikan hal ini dengan instalator listrik yang sudah berpengalaman agar mendapatkan solusi terbaik. Kesalahan penggunaan kabel ukuran kecil untuk beban besar inilah yang dapat menimbulkan panas hingga menyebabkan hubungan arus pendek dan kebakaran.





3. Hindari penyambungan kabel / jalur baru di luar jalur instalasi induk.


Biasanya, penyambungan jalur baru seperti penambahan lampu, stop kontak untuk perangkat tambahan kebanyakan orang tidak mau repot sehingga mengambil jalur yang mudah dijangkau saja tanpa mempertimbangkan apakah kapasitas jalur itu layak digunakan atau tidak.



4. Gunakan tenaga instalasi berpengalaman.


Penyambungan kabel yang kurang baik / tidak rapat / longgar juga dapat mengakibatkan hubungan arus pendek. Pembagian jalur, pemasangan stop kontak dll  juga sebaiknya anda perhatikan. Oleh karena itu sebaiknya instalasi dilakukan oleh tenaga instalasi berpengalaman.

5. Hubungi petugas PLN.

Apabila voltase listrik rumah masih tetap tidak stabil (voltase tetap rendah dibawah 220 volt) setelah beberapa hal diatas dilakukan. Kemungkinan jalur kabel PLN yang masuk kerumah anda sudah kelebihan beban sehingga diperlukan pemindahan jalur dengan bantuan pihak PLN yang berwenang untuk melakukannya.






Semoga bermanfaat
by Mas handy